Pertanyaan Seputar Produk Agrokompleks NASA dan Penjelasannya Bag.1


Pertanyaan Seputar Produk Agrokompleks NASA dan Penjelasannya.
TANYA JAWAB HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BAGIAN PERTAMA

Kalau untuk menghilangkan jamur pada tanaman salak, pakai apa, karena buahnya sering busuk ?
Busuk bisa disebakan kurang unsur K, terlalu banyak unsur N, tanah masam dan kena jamur. Coba terapi tanah dengan Dolomit dan dikocor dengan KCl + Power Nutrition bisa ditambahkan Natural GLIO. Selain itu juga kebersihan dan kelembaban kebun dijaga.
Bagaimana aplikasi GLIO pada tanaman cabe, sedang pupuk kandang sudah ditebarkan dan intervalnya berapa, terima kasih.
Pemakaian GLIO yang paling ideal memang dicampur dengan pupuk Kandang matang atau kompos, 1 pak GLIO 100 gr + 25-30 kg PuKan tebarkan sebelum tanam atau masukkan ke lubang tanam 1 genggam (200 gr) tetapi GLIO bias juga dikocorkan bersamaan SUPERNASA atau disemprotkan 1 sendok makan GLIO ditambag 1 sendok gula pasir tiap 1-2 minggu sekali.
Selamat pagi, kalau padi umur 70 hari, dan dari awal belum pakai produk NASA, tetapi umur 70 hari petani ingin pakai anti hama nasa untuk pencegahan seperti kresek, ulat, dll pakai apa yak pak Agus?
Pakai PESTONA + AERO atau BVR untuk pencegahan walang sangit, kepik, dll.
Mohon info, apakah produk NASA, GLIO,PESTONA,PENTANA,AERO,BVR, dll sudah terdaftar di DEPTAN dan apa sudah masuk buku pestisida pertanian dan kehutanan tahun 2008 ?
Belum, tapi untuk ijin yang BVR dan GLIO sudah keluar dari DEPTAN, sedang produk yang lain masih dalam proses perijinan.
Apakah GLIO mampu mengendalikan Antraknose sedangkan antraknose menyerang diatas ?
Pangkal mula serangan penyakit awalnya dari tanah karena patogen atau penyebab penyakit hidupnya di tanah. Karena percikan air hujan, angin, alat pertanian yang tidak steril dan terbawa manusia dia bisa ke batang, daun bahkan sampai buah. Tetapi jika sejak awal sebelum tanam, tanah kita kelola dengan Natural GLIO dan penyemprotan rutin tiap minggu sekali kemunginan besar serangan jamur 50% bisa dikurangi.
Cabe saya ada masalah batang layu di potong dalamnya bolong ada warna hitam apa penyakitnya dan solusinya ?
Serangan jamur dan bakteri mempunyai tanda yang sangat mirip. Ada yang busuk kering dan busuk basah, sukar dibedakan dengan mata telanjang. Potong aja sebagaian batang terserang dan masukkan ke dalam gelas berisi air bening. Amati gelas bila potongan tersebut kerluar cairan keruh seperti awan berarti bakteri, apabila tetap jernih berarti jamur. Solusinya pakai Natural GLIO sejak awal tanam dan ulangi tiap minggu sekali.
Penyakit bule/daun putih pada cabe apa obatnya ?
Penyakit bule disebabkan oleh virus yang namanya gemini. Virus gemini ini perkembangan sangat cepat karena ditularkan oleh vektor atau perantara yaitu kutu kebul (Bemisia tabaci). Kita kendalikan vektornya dengan Metilat LEM dan PENTANA.
Bagaimana untuk mengatasi busuk buah dan phytium pada mentimun Jepang ?
Busuk buah dan phytium disebabkan oleh jamur, sehingga pencegahan dilakukan sejak dini sebelum tanam dengan Natural GLIO + pupuk kandang matang dan penyemprotan tiap minggu sekali dengan 1 sendok GLIO + 1 sendok gula pasir per tangki.
Kalau untuk penaggulangan hama sundep dan kresek yg betul2 paten apa dan bagaimana cara aplikasinya ?
Hama penyakit terus menerus berkembang dan sifatnya dinamis. Jadi monitoring sangat perlu terutama penggerek padi (sundep dan beluk). Sejak di pembibitan pakai BVR, kemudian setelah tanaman tiap minggu sekali pakai BVR dan PESTONA secara selang seling sebagai pencegahan dan bila serangan diatas 15-20% bisa disemprot pakai insektisida sistemik dicampur PESTONA.
Pak, untuk padi awal pertumbuhan tanamn bagus, tumbuh dengan subur tapi setelah berbuah kenapa padinya kelihatan jarang. Untuk produk dr SPR smp PWR sudah pakai.
Pupuk hanya merupakan salah satu faktor keberhasilan tanaman, selain itu ada benih, air, cahaya matahari, tanah dan hama penyakit. Buah padi yang jarang bisa disebabkan kurang unsur Kalium, unsur N berlebihan atau kena serangan hama penyakit seperti wereng, penggerek batang atau walang sangit serta penyakit kresek atau hawar daun. Kalau kena hama tersebut bisa pakai PESTONA, PENTANA atau BVR secara selang-seling tiap minggu sekali, dan penyakit bisa pakai Natural GLIO sebagai pencegahan.
Mau tanya kalau layu dan buahnya kuning terus rontok dikendalikan dengan obat apa pada cabe ?
Melihat dari gejalanya disebabkan oleh jamur, tapi jamur ini berkembang karena kelembaban tinggi karena curah hujan, genangan air, ataupun drainase yang buruk. Pemupukan Urea yang berlebih juga memacu perkembangan jamur, selain itu juga bisa karena kurang unsur Kalium dan hormon. Ibu bisa pakai Natural GLIO sejak awal sebagai tindakan pencegahan dan juga pemberian pupuk Kalium ditambah POWER Nutrition atau SUPERNASA untuk memperkuat daya tahan tanaman.
Pak bahan aktif dari NPA apa ?
Bahan aktif Pentana dari berbagai ekstrak tumbuhan yang mengandung minyak atsiri.
BVR diCampur AERO apa bisa ?
Jangan karena BVR makhluk hidup, sedang di AERO ada perakatnya sehingga bisa mengganggu aktivitas gerak dari jamur BVR.
Kalau GLIO bisa ndak pak dicampur AERO dan PENTANA?
Sebaiknya JANGAN dicampur, karena GLIO adalah makhluk hidup dari jamur yang mana akan berpengaruh pada gerak jamur GLIO bila dicampur AERO atau PENTANA.
Pak apakah bisa diatasi tanaman cabe yang kriting pakai apa, karena benih jelek. Mohon petunjuk ?
Cabai kriting disebabkan oleh virus mozaik Gemini (bule), yang ditularkan lewat perantara kutu kebul ( Bemisia tabaci ), thrips atau tungau. Kendalikan vector perantaranya dengan PENTANA dan Metilat LEM.
Pak prodak NASA yang untuk obat jamur pada batang karet ada nggak?
Pakai Natural GLIO yang berbahan aktif Gliocladium dan Trichoderma.


Untuk cabuk, ulat di kecipir dan cabai apa obatnya, untuk jamur & anggrek?
Semprot PENTANA 1 tangki 3-5 ttp dalam 14 lt air, untuk jamur siram GLIO atau semprotkan 1 sendok makan GLIO + 1 sendok gula pasir pertangki

Maaf Pak, mau tanya kalau sudah berbuah padi/apa saja, apa boleh disemprot PST, agen hayati/pestisida
Boleh, untuk pencegahan walang sangit, pakai aja PST atau BVR.

Maaf sekali satu lagi buah padi putih kapas tidak berisi tapi daun dan batang hijau apa penyebabnya, solusinya bagaimana, sebelum dan sesudahnya trimS?
Bisa terlalu banyak N, kurang unsur K atau kena penggerek batang. Kalau baru terbentuk malai bisa dipupuk KCl + POWER, tapai kalau malai dah penuh ya dibiarkan saja sampai panen.

Semangat pagi Pak, kemarin saya nyemprot walang sangit pakai BVR, tapi udah 3 hari kok belum ada reaksi, Cuma daun padi yang kuning jadi hijau. Berapa lama biasa BVR nampak reaksi, 1 kotak saya gunakan 4 tangki .
BVR adalah mahkluk hidup dari jamur yang butuh proses dalam menyerang hama sasaran. Hal ini sangat dipengaruhi oleh radiasi sinar matahari, tingkat kekebalan hama, kelembaban dan cara aplikasi serta tangki yang digunakan. Secara normal BVR bisa berkecambah 2 jam setelah aplikasi dan mulai bereaksi 2-3 hari sudah mulai terlihat gejala serangan dan 7-10 hari hama sasaran udah mati karena ditumbuhi spora jamur BVR warna putih.
Pak pisang/jeruk isinya keras, apa penyebabnya dan apa obatnya ?
Gejala tersebut disebabkan oleh bakteri dan untuk pencegahan pakai GLIO

Untuk herbisida merknya apa akang, disini sangat terbatas, jg tanahnya sangat liat, tp subur
Herbisida tergantung jenis gulmanya, misal alang-alang atau daun lebar. Merk bisa pakai Roundup, Polaris, Basmilang, dll.
Ada satu permasalahan yg saya hadapi yaitu tentang rumput yang tumbuh subur, kami kesulitan mengatasi ini, yg kami tanyakan adakah obat NASA untuk rumput liar, soalnya kami puas dengan produk NASA, siapa tau NASA punya obat yang kami maksud.
Untuk rumput kami belum ada. Riset kami baru ke gulma yang pra tumbuh tapi untuk yang pasca tumbuh kami belum bisa dan sampai sekarang masih terus melakukan riset. Selain itu kami juga kesulitan bahan baku, kalau mbak weni punya bahan baku untuk gulma yang organik silahkan hubungi kami.. Untuk gulma bisa dilakukan secara manual dengan cara dibabat jika tidak terlalu luas, tapi kalau luas bisa pakai Herbisida.
Untuk lombok yg kena cacar buah dan rontok buah bagaimana ya, sebelumnya pake nasa. Makasih.
Lombok yang kena cacar buah atau patek dan rontok disebabkan jamur, biasa disebut penyakit Antraknose. Penyakit ini bisa ditularkan lewat perantara lalat buah yang meletakkan telur ke buah cabai lewat ovipositornya. Pasang perangkap Metilat Lem untuk mendeteksi lalat buah dan semprot Natural GLIO tiap minggu sekali. Selain itu juga jaga kelembaban, drainase dan guludan ditinggikan.

Pak untuk PST dan BVR bs dijadikan 1 tidak dalam aplikasinya ?
Jangan, karena BVR makhluk hidup sedang PST meskipun alami tetap ada racun dari ekstrak tumbuhan yang mana akan ganggu gerak jamur BVR.
Untuk mengatasi ulat pada tan sawi dan kol apa ya? Sebelumnya dah pakai VITURA. Makasih.
Kalau ulat grayak yang menyerang sudah bagus pakai VITURA paling tidak tiap minggu sekali, tetapi kalau yang menyerang ulat jengkal atau ulat penggerek daun pakai aja PENTANA atau PESTONA tiap minggu sekali.

Pada bibit sengon ujung terlihat putih seperti terbungkus cendawan, mogok dan perlahan menjadi kering, pada akar terdapat benjol2, bagaimana solusinya?
Pada pembibitan sengon, biasanya terkena Penyakit Dumping-off atau rebah semai yang disebabkan oleh Phytium sp., Phytoptora sp. Dan Rhizoctonia sp., biasanya gejala lodoh akar atau batang. Sedang pada akar yang benjol-benjol disebabkan oleh jamur Ganoderma sp. atau Ustilina sp. Yang mana akar menjadi busuk. Untuk pencegahan dengan Natural GLIO yang berbahan aktif Gliocladium sp. dan Trichoderma sp.

Posting Komentar untuk "Pertanyaan Seputar Produk Agrokompleks NASA dan Penjelasannya Bag.1"

Pemesanan Produk NASA