Jenis Padi Gogo Yang Mempunyai Potensi Hasil Panen Tinggi





Artikel Pertanian - Perluasan areal tanam padi di lahan kering saat ini menjadi tumpuan besar pemerintah Indonesia untuk meningkatkan produksi padi nasional. Upaya Pemerintah dalam mendorong perluasan tanam padi di lahan kering perlu didukung oleh tersedianya inovasi teknologi budidaya yang unggul.

Komponen teknologi utama dalam usaha produksi padi gogo adalah varietas unggul yang adaptif terhadap berbagai permasalahan di lahan kering seperti kekeringan, kemasaman tanah dan penyakit blas. Ketersediaan varietas unggul menjadi salah satu kunci keberhasilan peningkatan produksi padi gogo nasional.

Pada tahun 2017, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian berhasil melepas varietas unggul baru padi gogo dengan nama INPAGO 12 AGRITAN yang mampu berproduksi hingga 10.2 ton/ha.


Varietas ini merupakan hasil persilangan antara varietas lokal Selegreng dengan varietas Ciherang dan Kencana Bali.







Pengujian terhadap varietas INPAGO 12 AGRITAN dilakukan di berbagai lokasi lahan kering bersama-sama dengan galur-galur dari perguruan tinggi seperti IPB dan Universitas Jenderal Soedirman melalui Konsorsium Padi Nasional yang diinisiasi oleh Badan Litbang Pertanian. Dari pengujian di beberapa lokasi lahan kering, rata-rata hasil varietas baru ini mencapai 6.7 ton/ha, dua kali rata-rata hasil padi gogo nasional.

Selain potensi hasilnya yang tinggi, keunggulan lain varietas INPAGO 12 AGRITAN antara lain agak toleran terhadap kekeringan dan keracunan aluminium yang menjadi masalah di lahan kering masam. Varietas ini juga tahan terhadap penyakit blas atau yang sering disebut penyakit patah leher. Varietas ini memiliki tekstur nasi yang agak pulen.

Benih sumber varietas INPAGO 12 AGRITAN telah tersedia di UPBS Balai Besar Penelitian Tanaman Padi dan siap untuk dikembangkan ke lahan-lahan kering di berbagai propinsi. Varietas baru ini diharapkan dapat menjadi pilihan bagi petani untuk meningkatkan produksi padi di lahan kering dalam rangka mendukung tercapainya swasembada beras berkelanjutan.


Sumber: http://bbpadi.litbang.pertanian.go.id

Posting Komentar untuk "Jenis Padi Gogo Yang Mempunyai Potensi Hasil Panen Tinggi "

Pemesanan Produk NASA