Pengertian Enzim, Struktur, Sifat, dan Cara Kerjanya

Enzim sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh tetapi tidak banyak orang yang mengetahui manfaat atau kegunaan enzim ini dan dari mana kita bisa mendapatkannya.

Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan enzim dan bagaimanakah cara kerjanya enzim tersebut..?

Tubuh kita akan mengalami gangguan metabolismebila kekurangan enzim  yang bisa berujung pada penyakit yang serius .
Untuk itu, pastikan kadar enzim dalam tubuh tetap kita tetap dalam keadaan seimbang dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Pengertian Enzim, Struktur, Sifat, dan Cara Kerjanya

Enzim adalah senyawa protein yang bisa membantu proses metabolisme didalam tubuh kita. Dengan adanya enzim ini, metabolisme dalam tubuh kita akan berlangsung dengan cepat dengan cara menurunkan energi (aktivasi) yang diperlukan untuk berlangsungnya metabolisme dalam tubuh tersebut.

Tanpa adanya enzim didalam tubuh kita maka yang terjadi adalah reaksi metabolisme didalam tubuh kita akan berlangsung sangat lama.

Struktur Enzim

Enzim sendiri terdiri dari 2(dua) komponen penting yaitu  bagian pro (apoenzim) & bukan bagian dari protein (gugus prostetik). Apoenzim ini tersusun dari protein dan mudah berubah tergantung oleh faktor lingkungan sekitarnya seperti pH dan suhu.

Sedang, gugus prostetik adalah gugus yang tdk aktif. Zat dalam enzim ini terdiri dari beberapa unsur logam seperti besi, mangan, magnesium atau/atau natrium yang biasa disebut dengan kofaktor. Gugus prostetik juga bisa terdiri dari bahan bahan organik dan bukan protein contohnya seperti vitamin B (koenzim).

Cara Kerja Enzim

Sederhananya, enzim ini bekerja seperti 'kunci & gembok'.
Didalam materi enzim ini ada tempat yang aktif/active site dimana didalam tempat tersebut substrat tertentu dapat bergabung kedalamnya dan bekerja secara spesifik.

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Cara Kerja Enzim dalam Tubuh

Cara kerja enzim sangat dipengaruhi oleh beberapa hal. Faktor pertama yang mempengaruhi kinerja enzim ini adalah suhu.
Tingginya kondisi suhu sekitar akan membuat kecepatan molekul substrat menjadi meningkat sehingga pada saat yang bersamaan akan bertumbukan dengan enzim, sehingga energi molekul akan berkurang.

Faktor kedua adalah pH. Disini enzim ini akan berubah bentuknya. Faktor ini menyebabkan denaturasi enzim bila kondisi asam & basa disekitar molekul berubah. Setiap enzim biasanya memiliki pH optimum masing masing.

Faktor ketiganya adalah aktivator dan inhibitor. Dengan adanya molekul aktivator ini, kerja enzim akan menjadi jauh lebih mudah. Sedangkan inhibitor menyebabkan ikatan enzim dan substratnya menjadi terhambat.  

Kemudian faktor terakhir yang mempengaruhi ckinerja enzim adalah konsentrasi enzim dan substrat. Besaran konsentrasi enzim dan substrat sangat memengaruhi kecepatan reaksi. Semakin besar konsentrasi enzim tersebut maka semakin cepat pula reaksi yang akan berlangsung.

Sumber: https://health.detik.com

Posting Komentar untuk "Pengertian Enzim, Struktur, Sifat, dan Cara Kerjanya"

Pemesanan Produk NASA