Pertanyaan Seputar Produk Agrokompleks NASA dan Penjelasannya Bag.2

Pertanyaan Seputar Produk Agrokompleks NASA dan Penjelasannya Bag.2
TANYA JAWAB HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BAGIAN KEDUA


Pertanyaan Seputar Produk Agrokompleks NASA dan Penjelasannya Bag.1

Pertanyaan Seputar Produk Agrokompleks NASA dan Penjelasannya Bag.3

 

Wah iya pak, sore hari mulai jam 15 rata2 di sini slalu hujan. Sekarang juga walo rintik2. Kalau siang mah jarang hujan. Ada advis waktu semprot lain Tks.
Penyemprotan hama paling bagus sore atau malam hari, misal sore hujan bisa dilakukan sepagi mungkin sebelum jam 7 pagi karena hama masih relatif bergerak dan belum sembunyi.

Bagaimana untuk mengendalikan patek pada cabe ?
Patek atau busuk buah yang disebabkan jamur Antraknose kalau dah kena sulit diatasi karena penyebaran jamur cepat sekali apalagi didukung curah hujanm drainase jelek. Ambil buah terserang dibuang dan musnahkan, kemudian semprot 1 sendok GLIO dan 1 sendok gula pasir tiap 5 hari sekali.


Gimana cara mengatasi hama bentuknya sperti kupu tp kecil2, istilah orang jawa namanya tritip/keper, dia nyerang tan kobis ?
Pasang Perangkap keper atau tritip dengan Metilat Lem dan semprot PENTANA tiap minggu sekali.
  
Di NASA yang cepet untuk bunuh ngangkrang apa dan dosis berapa ?
Bisa pakai PESTONA dan PENTANA ditambah AERO 810, dosis sesuai anjuran yang ada di label produk.

GLIO semprot atau kocor, dosis gimana, atau ada referensi lain ?
Glio bisa disemprotkan dengan dosis 1 sendok makan GLIO dicampur 1 sendok gula pasir per tangki, semprot merata tiap minggu sekali.

Bolehkah GLIO sy campur dengan NPK? suwun.
Boleh aja, karena NPK adalah pupuk.


Saya ada masalah besar di awal aku merintis jaringan. Data teknis : Kebun Stroberri usia 9 bulan, sudah berbuah lokasi = Kledung, Wonosobo iklim ekstrim panas = siang, jam 4 sore kabut turun, malam = extra dingin. Pokok masalah embun UPAS di pagi hari. Tan yg kena buah rusak, mblonyoh, spt mau busuk dan berair. Apa dikarenakan virus, bakteri, jamur/kadar belerang yang dibawa embun upas itu? Apa yang harus saya lakukan, produk NASA apa yg dipakai ?
Melihat gejalanya disebabkan jamur, apalagi didukung cuaca yang mendukung apalagi berkabut sangat cocok sekali bagi perkembangan jamur upas atau Upasia salminicolor. Solusi : setelah hujan rintik-rintik atau ada kabut langsung semprot aja dengan air biasa dan jangan lupa penyemprotan GLIO tiap minggu sekali rutin.


Dengan produk apa NASA memberi solusi pada tanaman padi yg terkena sundep dan daunnya menguning trus kering ?
Melihat gejalanya disebabkan oleh penggerek batang padi, jika masih fase vegetatif (pertumbuhan) gejalanya disebut sundep, batang padi dicabut mudah dan jika sudah terbentuk malai disebut beluk, malai hampa. Gunakan Natural BVR sejak di pembibitan, kemudian semprot tiap minggu sekali setelah tanam dengan PESTONA dan BVR secara selang-seling.
 
Saya menanam semangka insek & pest pake PST, NPA, hanya sekali dengan insek sintetis dosis rendah, klo sekarang pake GLIO disemprot (ada bercak daun) apa efektif ?
Tidak masalah, asal GLIo jangan dicampur dengan pestsida tersebut.

Begini pak di tempat tsb banyak tan padi terserang hama yang namanya hama merah mulai dr bawah padi itu lama lama merah dan dengan produk hama apa yg harus berikan agar cepat teratasi, makasih sebelumnya.
Kelihatanya terkena serangan penyakit busuk daun bakteri atau hawar daun bakteri atau kemungkinan kena penyakit tungro yang ditularkan lewat hama wereng hijau. Bisa digunakan GLIO atau PESTONA atau BVR secara selang-seling tiap minggu sekali. Untuk GLIO dan BVR bisa dicampur jadi satu tapi PESTONA jangan dicampur.

Menanggulangi tan cabe kecil yg daunnya tebal + belok ke atas (mlungker) tidak lurus melebar. Bagaimana menangulanginya?
Dilihat gejalanya disebabkan oleh hama jenis kutu thrips dan tungau karena menghisap cairan tunas muda, bisa pakai PENTANA dan Metilat LEM.
 
Mau tanya obat semut ada gak ?
Semut sebenarnya bukan hama, biasanya semut bermutualisme dengan hama kutu-kutuan. Jadi pakai aja PENTANA atau PESTONA + AERO.
   
Untuk mengendalikan hama ulat yg nyerang Albasia, pakai apa pak Ulatnya kecil, sembunyi dlm kantong.
Ulat kantong sangat sulit dikendalikan karena hamanya bersembunyi di dalam kantong, pakai aja PESTONA dan PENTANA
  
Pak, semongko kena serangan jamur pake apa sing jos ?
Jamur yang paling banyak menyerang semangka adalah bercak atau karat daun. Lakukan penyemprotan rutin tiap minggu sekali dengan Natural GLIO sebagai tindakan pencegahan.


Mohon advis, sy sedang siapkan semprot 6 Glio utk Antraksnose di cabe 0,6 Ha. Sy lihat bahan Glio ada yg akan nyumpet semprotan. Gimana mas. Atau pake semprotan khusus ?
Glio yang nyumpet nosel itu salah satu bahan pembawa jamur GLIO yang berupa serbuk gergaji, jadi memang harus disaring. Biasanya di tangki semprot ada alat penyaringnya.

Kalo padi sudah umur 70 hari dan dari awal penanaman sama sekali belum pernah pakai NASA, tetapi petani ingin memakai anti hama untuk pencegahan hama, sebaiknya pakai produk NASA anti hama apa ?
Untuk padi umur 70 hari biasanya hama yang menyerang seperti walang sangit, kepik dan burung. Jadi produk NASA yang digunakan adalah PESTONA dan Natural BVR untuk mencegah hama-hama tersebut.
   
Untuk menanggulangi ulat tanah bagaimana ?
Ulat tanah pakai PESTONA atau PENTANA dikocorkan atau siramkan.

Untuk mencegah ulat tanah kami biasa menggunakan Furadan dicampur TSP dan Urea utk pupuk dasar, apakah bisa dicampur dengan POP SPR pada tanaman timun ?
Bisa dicampur dengan SUPERNASA + TSP + Urea bisa ditaburkan atau disiram atau dikocorkan untuk menghemat tenaga.

Saya dapat laporan dari mitra di Palembang, beliau punya kebun pisang dan hampir 1 ha (110 btg) terkena serangan layu. Mohon sarannya.
Penyakit layu disebabkan oleh jamur Fasarium oxysporium ( Penyakit Fusarium ) dan Penyakit Moko (Layu bakteri ) yang disebabkan oleh Ralstonia solanacearum. Cara Pengendalian :  PEMILIHAN BIBIT YANG SEHAT, PEMUPUKAN DAN PEMBUMBUNAN RUMPUN SAAT AWAL MUSIM HUJAN, MELAKUKAN PINDAH TANAM, SANITASI LINGKUNGAN, DAN TIDAK MEMBUANG BATANG PISANG DI BAWAH TANAMAN/RUMPUN, ALAT PERTANIAN YANG BERSIH, PEMBRONGSONGAN BUAH PISANG, PENGGUNAAN AGENS HAYATI (Gliocladium sp. atau Trichoderma harsianum)

Maaf pak untuk pengendali hama keong mas pada padi pakai apa dan cara aplikasinya gimana pak ?
Pengalaman mitra NASA untuk keong padi padi pakai PESTONA bisa menekan perkembangan hama tersebut, yaitu dengan cara disemprotkan dengan kondisi air macak-macak. Selain itu juga bisa dibuat alat dengan belahan bambu dipasang dilahan, biasanya keong lebih suka bertelur di bambu kemudian tinggal ambil telur keong dan musnahkan.

Posting Komentar untuk "Pertanyaan Seputar Produk Agrokompleks NASA dan Penjelasannya Bag.2"

Pemesanan Produk NASA