Pertanyaan Seputar Produk Agrokompleks NASA dan Penjelasannya Bag.3

TANYA JAWAB HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BAGIAN KETIGA

 TANYA JAWAB HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BAGIAN KETIGA
 

Pertanyaan Seputar Produk Agrokompleks NASA dan Penjelasannya Bag.1

Pertanyaan Seputar Produk Agrokompleks NASA dan Penjelasannya Bag.2


Pak, untuk pengendalian hama tikus, produk NASA apa yang bisa dipakai ?
Sampai saat ini kami belum menemukan formula untuk tikus, tapi dulu pernah pakai Natural Aromatik Pengusir tikus tapi karena masalah teknis dan daya adaptasi tikus yang luar biasa karena sifatnya hanya mengusir. Saran kami untuk tikus serahkan ke musuh alaminya seperti ular, kucing dan burung hantu.
Bagaimana cara mensterilkan kep/tangki bekas herbisida sehingga bisa dipakai nyemprot pupuk ?
Dicuci 2-3 x sampai bersih pakai sabun, tapi memang lebih baik kalau tangki herbisida disendirikan.
  
Apa itu fungisida, insektisida, herbisida dan bakterisida ?
Fungisida = racun untuk jamur, Insektisida = racun hama terutama serangga, herbisida = racun rumput, Bakterisida = racun untuk bakteri.


Apakah bisa BVR dicampur dengan AERO ?
Jangan, karena AERO ada perekatnya yang bisa mengganggu gerak kerja dari natural BVR.
  
Untuk mengendalikan gayas pakai apa bos ?
Gayas itu sejenis uret to bos, siram aja pakai PESTONA + AERO, dosis lihat label produk.


Saya punya jeruk umur 4 th, buah kurang, rontok, daun kaku ada bercak hitam, ada yang daunnya kena kupu kecil2 warnanya putih, sy baru gabung ke nasa, produk NASA apa yang perlu diberikan ke jeruk saya ?
Melihat gejalanya jeruk bapak kena serangan kutu putih yang menghisap cairan daun dan kotoran dari kutu yang menimbulkan bercak hitam yang disebut penyakit embun jelaga. Untuk mengatasinya bisa dilakukan pemangkasan daun-daun terserang, semprot PESTONA atau PENTANA atau BVR tiap minggu sekali. Lebih bagus PESTONA atau PENTANA ditambah dengan AERO 810, tetapi untuk BVR jangan dicampur AERO 810.
 
Semangat Pagi Pak, saya punya masalah pada tan kacang tanah pada umur 7 hr ada penyakit kutu di daun itu apa obatnya dan gimana caranya ?
Untuk kutu-kutuan produk NASA yang lebih khusus adalah PENTANA dan bisa dipasang perangkap Metilat LEM.


Mohon info untuk mencegah karat tumor pada bibit sengon. Sekarang mau semai bibit, Salam sukses.
Serangan karat puru pada sengon ditandai dengan terjadinya pembengkakan (galls) pada ranting/cabang, pucuk-pucuk ranting, tangkai daun dan helaian daun. Gall ini merupakan tubuh buah dari jamur.
Penyakit karat puru dapat menjadi persoalan yang serius dalam pengelolaan tanaman sengon. Penyebaran penyakit ini sangat cepat. Penyakit ini menyerang sengon mulai dari persemaian sampai lapangan dan pada semua tingkat umur. Kerusakan serius bila serangan terjadi pada tanaman muda (umur 1- 2 tahun), karena titik-titik serangan (gall) bisa terjadi di batang utama sehingga batang utama rusak/cacat, tidak dapat menghasilkan pohon berkualitas batang yang tinggi).
Penyebab penyakit karat puru yang menyerang tegakan sengon adalah jamur Uromycladium tepperianum, menyebabkan pembengkakan (gall) yang menyolok pada dedaunan dan ranting pohon. 
Pencegahan dan Pengendalian :
  • persemaian, maka semai yang menunjukkan gejala serangan harus segera dicabut dan dimusnahkan (dibakar). 
  • perlu pengawasan yang ketat tentang transportasi benih, bibit, dan kayu tebangan dari daerah yang diketahui telah terserang ke daerah yang belum terserang 
  • Pemeliharaan tanaman yang sudah ada (pemupukan dan penjarangan). 
  • Upayakan menghilangkan gall dan bagian tanaman yang terserang sedini mungkin, sebelum gall membesar dan berwarna coklat. Langkah selanjutnya adalah mematikan sel-sel penyakit karat puru di bagian yang terserang agar tidak tumbuh gall lagi, dengan spiritus, kapur, garam, dan belerang serta semprot Natural GLIO 
  • Menghindari penanaman sengon untuk sementara, terutama di dataran tinggi yang berkabut 
  • Lakukan rotasi tanaman dan pemuliaan tanaman sengon.
Untuk penyakit pembibitan albasia putih2 di pucuk trus daun akhirnya pada rontok lalu mati pake apa cara penanggulangannya ?
Putih-putih di pucuk kemungkinan besar disebabkan hama kutu putih ( Aleurodestrus sp.) yang akan menghisap daun-daun muda pada pembibitan sehingga daun jadi rontok. Pakai PENTANA yang khusus untuk jenis kutu.
Untuk pengendalian ulat yang nyerang pisang pakai apa dan caranya gimana ?
Biasanya ulat yang menyerang daun pisang adalah penggulung daun pisang (Erionatrax sp.) dan ini sulit dikendalikan karena ulatnya di dalam daun, sehingga butuh pestisida yang sistemik. Produk NASA yang bisa dipakai PESTONA dan PENTANA, lebih bagus dicampur AERO 810.
Pentana boleh nggak dicampur dengan POC NASA
Boleh.
Kalo hama untuk strowberi titing, berem apa obatnya pak ?
Berem termasuk jenis kutu-kutuan sehingga bisa dipakai PENTANA dan METILAT LEM.
Untuk pengembangan GLIO, apa bisa menggunakan tanah halus, seandainya tidak ada PUKAN
Perbanyakan GLIO yang ideal adalah dengan pupuk kandang matang atau kompos atau serbuk gergaji serta jika disemprotkan bisa dicampur gula pasir sebagai media tumbuhnya.
Saya punya kebun pepaya batangnya busuk di tengah, sebabnya apa ? saya harus pake produk NASA apa ?
Batang pepaya busuk disebakan oleh jamur Fusarium. Dimana kalau sudah kena sulit dikendalikan. Potong dan musnahkan batang busuk, atur drainase, kelembababan kebun dijaga dan sebarkan Natural GLIO yang telah dicampur pukan matang atau kompos di sekitar pohon tiap 2-4 minggu sekali.
Untuk mengendalikan orong2 bisa pake apa pak, karena skarang motong2 batang padi yg baru ditanam
Orong-orong bisa disemprot dengan PESTONA atau PENTANA dengan dosis sesuai di label produk.
Kuning2 pd daun kacang panjang, yg kini marak terjadi, faktor apa yg menyebabkan seperti itu, kenapa terjadi menyeluruh di Limpung dan sekitarnya
Melihat gejalanya disebabkan oleh hama kutu-kutuan yang menghisap cairan daun, penyebarannya cukup cepat akibat perubahan cuaca yang mendukung dan angin. Karena penyebaran hama ini bersifat partenogenesis (lewat angin). Pakai aja yang khusus untuk kutu-kutuan yaitu PENTANA dan pasang perangkap METILAT LEM.
Untuk mengatasi ulat grayak selain VITURA VIREXI apa bisa diselang seling dengan PESTONA utk mengurangi penetasan telur ?
Bisa aja diselang seling dengan PESTONA tiap minggu sekali.
Kalau jamur pada pohon pepaya (daun dan batang) bisa gak disemprot BVR ?
Kalau itu kena serangan jamur pakai GLIO, semprot 1 sendok GLIO + 1 sendok gula pasir per tangki, tetapi kalau BVR itu jenis hama, misal wereng, walang sangit, penggerek batang dan kutu-kutuan.
Bagaimana cara mengendalikan hama gerandong pada tanaman bawang ?
Hama ini disebakan oleh pengorok daun ( Liriomyza chinensis ) yang biasa orang sebut dengan gerandong. Awal serangan terlihat pada saat tanaman berumur masih muda antara 2 - 3 minggu setelah tanam (MST). Perkembangan populasi L. Chinensis sangat cepat sehingga kerusakan yang ditimbulkan terlihat hanya dalam waktu 3 hari saja. Mula -mula imago menusukan ovipositornya pada daun bawang, gejala terlihat seperti ada totol - totol putih kecil. Kemudian larva yang sudah menetas langsung mengorok bagian jaringan mesofil daun. Arah korokan biasanya dari atas daun sampai umbi bawang. Keruskan yang terlihat pada bawang menyebabkan umbi membusuk dan daun menjadi layu kering berwarna putih kecoklatan seperti terbakar. Pada serangan yang berat seluruh areal pertanaman bawang akan busuk kering dan bawang merah gagal panen (puso).
Pengendalian : effisiensi pupuk berimbang makro dan mikro,  penggunaan perangkap kuning umur 3 minggu setelah tanam dengan METILAT LEM, penyapuan dengan kain transparan yang diberi larutan kanji + AERO 810, penyemprotan rutin 3-5 hari dengan PESTONA dan PENTANA.
Untuk bibitan sawit bisakah Glio digunakan ?
Sangat bisa dan sangat dianjurkan karena dapat mencegah serangan jamur dari tanah, maupun serangan jamur dari atas, dengan cara mencampurkan Glio dengan pupuk kandang atau mengocorkan ke polibag.
Bagaimana cara menggunakan GLIO + SPRK ?
Glio bisa dicampurkan dengan pupuk kandang (sebagai media tumbuh) dan diperam selama 1-10 hari. Jika tidak bisa dikocorkan dengan supernasa.
Untuk mengatasi cabe yang kriting bgmn ?
Cabe terkena serangan trips atau apids. Untuk itu perlu dilakukan penyemprotan dengan pentana, 3 hari sekali, dan untuk pencegahan serangan jenis hama yang lain bisa gunakan pestona.
Tanaman cabe terserang pupus menguning, mengering diikuti batang mengering, petani menyebut nya penyakit krapak.Bgm pencegahan dan pengendaliannya ?
Penyakit ini disebabkan oleh serangan jamur. Gunakan Glio untuk antisipasinya.
Tanaman kakao yang terserang penyakit buah didalam pada busuk, bagaimana cara mengatasinya?
Kakao terserang penyakit busuk buah (Phytopthora palmivora), untuk pengendaliannya perlu melaksanakan konsep PsPSP (Panen sering, Pemangkasan, Sanitasi, dan Pemupukan ) serta aplikasikan GLIO untuk pencegahan dengan cara mengocorkan pada piringan/ bagian bawah tajuk.
Cara mengantisipasi padi yang kena hama merah, padinya kayak terbakar itu ?
Padi bpk kena jamur. Sebaiknya dengan mengatur jarak tanam lbh lebar, dan antisipasi dengan pengocoran glio. Jika sudah terjadi serangan berat silahkan pakai fungisida kimia.
Untuk penyakit layu PS dan Layu bakteri pada tomat penyemprotan Natural Glio berapa Gram/ ltr?
Kocorkan Glio dengan dosis lebih tinggi dengan ulangan lebih sering. 2 sdm per 10 liter, kocor 2 gelas melingkar di tanaman cabe/terong/tomat 1-2 minggu sekali.
Pisang disemprot dengan SUPERNASA kok mati?
Pisang tersebut bisa karena terkena serangan 1) Penyakit Darah pd Pisang, atau 2) Virus. Keduanya belum ada obatnya, dan tidak mendadak gejalanya, saat ini banyak daerah terkena penyakit ini. Kadang terbawa dari bibit atau air, bukan karena SUPERNASAnya. Antisipasidengan dolomit agar pH netral, dan Glio. Untuk pengobatan belum ada, sebaiknya dimusnahkan saja yang sdh kena.
Apa glio bisa untuk disemprotkan?
Bisa meskipun lebih efektif jika dicampur dg pukan, atau dikocorkan ke tanah
Untuk mencegah hama ulat pada albasia (sengon laut) pakai apa? Dosis dan cara aplikasinya?
Pencegahan bisa menggunakan BVR 1-2 sdm/tangki yang disemprotkan dibatang atau seluruh tanaman yang tumbuh di lahan sengon bapak, dan untuk tanaman yang telah kena bisa disemprot klangsung ke bagian lobang atau tempat ulat tersebut dengan PESTONA dengan takaran 7-8 tutup per tangki per minggu
BVR dan Glio apa bisa dicampur untuk penyemprotan tanaman coklat dan apa bisa mengendalikan hama PBK?
BVR dan Glio bisa untuk mengendalikan PBK pada coklat, namun harus melakukan 4 langkah PsPSP (Panen sering, Pemangkasan, Sanitasi , Pemupukan dan pengendalian hama dengan BVR, untuk Glio bisa dikocorkan di piringan.
Untuk jamur upas pada karet yang sudah tanam ? 2 tahun sebaiknya menggunakan apa? Dan bagaimana aplikasinya, berapa hari sekali dan dosisnya? Dan Bagaimana dengan penggunaan Glio efektif atau tidak?
3 hr ? 1 minggu sekali, Jika melihat cara kerja dan hidupnya Glio hanya bisa di dalam tanah, dan akan mati jika terkena ultraviolet, sehingga tidak tepat jika disemprot ke daun karet bapak.
Cabe merah daunnya keriting cara mengatasinya bagaimana?
Kriting cabai merah bisa karena cuaca ekstrim dan juga karena kutu-kutuan yang menghisap cairan daun-daun pada pucuk (yang berpotensi membawa virus). Semprotkan PENTANA 4-5 tutup/tangki , 2x seminggu , + sepertiga tutup aero / tangki.
Saya ada keluhan dari petani cabe yang menggunakan pupuk mikroba dan pestisida kimia. Tanaman cabenya sudah mulai berbuah tapi banyak sekali hama yang tidak bisa dikendalikan sehingga daunnya kuning dan kecil2. Apakah dengan pestisida dari NASA masih bisa mengatasinya, sedangkan produk kimia tidak mempan? Terus pupuk yang dipakai apa saja?
Produk kimia belum tentu tepat dan bisa mengatasi hama jika produk yang dipilih bukan spesifik untuk hama. Produk NASA yang bisa untuk mengatasi permasalahan cabe yang bapak utarakan adalah PENTANA dengan dosis 6-7 tutup per tangki dengan ulangan 3 hari sekali hingga kutu tersebut hilang. Sesekali bisa bapak semprot dengan PESTONA 7-8 tutup agar menghilangkan bekas dari kutu2 tersebut.
Tanaman cabai yang terkena penyakit patek buah dan bercak daun minta rekomendasinya.
Patek dan daun bercak karena kondisi iklim yang mendukung perkembangan jamur. Untuk antisipasinya dengan Glio di tanah dan kocor bersama 1 sdm dolomit /pokok, kurangi bahan kimia.

Masukkan email anda dibawah ini dan dapatkan update informasi dari kami langsung di email anda: